Pompa Air Tenaga Hidro, Memompa Air Tanpa Listrik

By Admin

nusakini.com--Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Pusat Litbang Sumber Daya Air (Pusair), Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang), mengembangkan Teknologi Pompa Air Tenaga Hidro (PATH) untuk memompa air tanpa listrik. 

Kepala Pusair, William Putuhena mengatakan bahwa PATH merupakan pompa air yang digerakan oleh tenaga putaran turbin penangkap tenaga air, tanpa melalui transformasi menjadi tenaga listrik. 

Menurutnya, keunggulan dari PATH yaitu tidak membutuhkan biaya energi untuk operasi, karena energi yang digunakan untuk menaikkan muka air merupakan energi akibat terjunan air itu sendiri dan kebutuhan biaya pemeliharan yang rendah. 

Saat ini teknologi PATH tersebut telah diterapkan di Desa Wonokerso, Kecamatan Tembarak, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah untuk menyediakan air baku dengan memanfaatkan tenaga air sebesar 500 l/det dan tinggi jatuh 5 m untuk memutar turbin guna memompa atau menaikan debit air sebesar 50 l/det dengan ketinggian 18 m serta debit 35 l/det dengan ketinggian 32 m dari Kali Lungge. Kali Lungge ini bermuara di Kali Jambe, anak Kali Progo yang berada di dalam wilayah kerja Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak. 

Selanjutnya air yang dipompa digunakan untuk mengairi sawah seluas 36 hektar dan masih tersedia untuk pengembangan irigasi sawah seluas 25 hektar.(p/ab)